Senin, 25 Maret 2013

Cek Data P2TK Error

Pasti pada Galau ya karena cek data di P2TK masih error atau tidak bisa di buka .

Guru A : Apa datamu disini http://116.66.201.163:8083/info.php sudah keluar ?
Guru B : Belum pak , Dari kemarin kata operator sekolah  saya server P2TK tidak bisa di akses .
Guru A : Kenapa Bisa Begitu ya ?
Guru B : Waduuuuu Saya Maa kagak tau pak kalo masalah gituan . kalo harga bawa putih turun saya tau.
Guru A : Hadeeeeecchhhh....


Banyak Operator Sekolah ingin web P2TK ini bisa segera di akses , agar mereke mengetahui hasil kerja mereka yang akan disetorkan kepada rekan - rekan Guru atau Bapak / Ibu Kepala sekolah yang pastinya sudah bertanya ratusan kali .
Memang belum ada cara Untuk mengatasi hal ini tapi dengan mengetahui data yang sudah kita Upload ke Database online Dikdas mungkin agak sedikit melegahkan hati kita .

Oke ini cara cek database online :
2. Login menggunakan username dan password seperti pada aplikasi offline


3 . Kalo bener itu user name dan passwordnya , pasti akan berhasil login.. tunggu sebentar ...



 4 . Laa kalo ini tampilan Utama atau Beranda di Database Online dikdas . ada 3 sub menu yaitu : 

  • Beranda 
  • Sekolah ( Profil , Sarana Prasarana , Rombel , Peserta Didik , PTK )
  • Register Pengiriman ( kita bisa cek data kita sudah tervertifikasi apa belum disini ) 




5. Klik Menu Sekolah 
  • Disini Kita bisa lihat ( Profil Sekolah, Sarana Prasarana , Rombel , Peserta Didik , Data PTK )



6. Karena saya ingin cek data rombel maka yang harus kita lakukan adalah , klik baris nama sekolah kita, terus akan muncul sub menu Data Sekolah , Daftar Sarana , Daftar Rombel , Data Siswa , Daftar PTK



 7. Jika Kita ingin mengetahui banyak siswa dan PTK yang mengajar serta JJM di setiap Kelas maka 

  1. Klik pada baris Rombel ( Misalkan Kelas 1 )
  2. Klik Rincian Rombel


Contoh Rincian Data Siswa :


Contoh PTK Mengajar :
disini kita bisa lihat berapa JJM setiap PTK di setiap kelas ( Sudah Benar atau masih Kurang )

 
8. Sedangkan Menu Register Pengiriman berisi kapan dan status data kita , kapan terkahir di kirim atau bagaimana status data yang Kita Kirim :


  • BELUM TERKIRIM : sudah jelas.
  • DITERIMA VIA WEB : ini hanya bisa dilakukan oleh dinas kabkota. Jadi file sekolah diunggahkan/diuploadkan oleh dinas kabkota melalui manajemen pendataan.
  • DITERIMA VIA APLIKASI : Tahapan pertama, yang mengirimkan langsung dari sekolah yang bersangkutan dan data yang di upload/unggah sudah berhasil di simpan di server. Namun data2nya belum dimasukan ke database oleh server. Jadi belum bisa melihat data yg bapak inputkan.
  • CEK KONVERSI : Tahapan kedua, data sudah di cek oleh server apakah data ini menggunakan database versi lama atau database versi baru. Nanti server yang akan memilah2nya
  • BERHASIL DI PROSES : Tahapan ketiga, data yang telah diinput SEMUANYA sudah berhasil diproses. (Dipastikan ini datanya sangat bagus)
  • BERHASIL DI PROSES DGN PENGECUALIAN : data yang telah di input TIDAK SEMUANYA berhasil di proses oleh server. Ini kemungkinan akibat : masih menggunakan aplikasi lama, terkena validasi dari segi server, dll. Namun jika jumlah peserta didik, ptk, rombel, sarpras, dll sudah sama TIDAK masalah.
  • SEKOLAH TERKENA CLEANSING : data sekolah yang telah dikirim masuk ke dalam data sekolah yang terkena cleansing. Mohon langsung menghubungi tim teknis atau CS kami. Jika dibiarkan kemungkinan data tidak diterima karena akan dihapus oleh server.
  • SQLITE ERROR : ini biasanya saat upload, data tidak terkirim dengan sempurna. Atau biasanya disebut data corrupted.. Jadi langsung saja kirim ulang data lagi.





Mohon maaf apabila ada salah dalam informasi atau penulisan .. :)

2 komentar:

  1. selamat malam mas... saya ingin menanyakan jika terdapat status belum di verifikasi maksudnya apa ya. tolong dijelaskan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk Vertifikasi membutuhkan waktu paling tidak 4 - 10 hari pak .. ditunggu saja ... pastikan data yg anda kirim benar n jangan kirim data lagi sebelum kiriman pertama berhasil di vertifikasi...

      Hapus