Jumat, 31 Mei 2013

Mengatasi masalah problems during load pada hasil export aplikasi pendataan dapodik


 
Setelah beberapa hari lalu saya posting tentang cara mendaftar NISN terbaru dan Cara memunculkan NISN yang tidak di temukan di web kemendikas. Ada beberapa rekan saya yang mengalami masalah untuk mengajukan nisn. Bukan masalah dengan prosedur pengirimanya, tapi masalah dengan pengumpulan datanya. 

Sebagai bahan acuan pengusulan nisn biasanya OP melihat data yang data di aplikasi pendataan. Tapi pada aplikasi ini selesai kita mengexport data ke format excel, saat di buka terdapat keterangan Problems During Load File Cannot be Opened because of errors.Errors are listed in C:\Documents and Settings\Administrator\Local Settings\Temporary Internet Files\Content.MSO\B7153635.log. Sebenarnya masalah ini di sebabkan masalah OP saat menginput data di aplikasi pendataan tidak sesuai prosedur. Misalnya saat mengisi jumlah saudara dengan kata, bukan angka. dan lain sebaginnya. Sebelumnya saya bisa membuka dengan cepat file ini dengan menggunakan LibreOffice. Tapi ada beberapa teman di beberapa tempat kesulitan mendownloadnya karena ukuran filenya lumayan besar. 

Berikut ini cara Mengatasi masalah problems during load pada hasil export aplikasi pendataan
  
Buka windows explorer, dan munculkan file yang di hiden sistem Caranya klik view (lihat) Centang pada hidden item (Item Tersembunyi) klik Opsi hilangkan ceklist di Hide protected operating system files (recommended)

  

Buka file micosoft excel yang bermasalah dan lihat di mana lokasi nya 
  

pergi ke alamat tersebut dan buka filenya  setelah file terbuka, perhatikan kata setelah VALUE : catat kata tersebut.
  
Open with file excel tersebut menggunakan notepad
  

Klik edit, dan ganti
  
Ketik nama setelah value tersebut, terus ganti semua 
Save dan buka file excel dengan excel kembali. Semoga bermanfaat :)

1 komentar:

  1. Bagaimana cara Mengatasi masalah problems during load pada hasil export aplikasi pendataan, sy udah coba seperti di postingan bapak. Sya cari lakasi file excel di local C sperti yg dimaksud tdk sy temukan, atau langkah2nya yg salah atau sy yg kurang faham. Bantu saya Uaraikan langkah2 rincinya pak, Makasih.

    BalasHapus