Selasa, 02 April 2013

Persiapan Akreditasi Sekolah Lebih Awal

Akreditasi sekolah adalah : kegiatan penilaian (asesmen) sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentuksn kelayakan dan kinerja sekolah.


Dasar hukum akreditasi sekolah utama adalah : Undang Undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 60, Peraturana Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Pasal 86 & 87 dan Surat Keputusan Mendiknas No. 87/U/2002.
Akreditasi sekolah bertujuan untuk :
  • menentukan tingkat kelayakan suatu sekolah dalam menyelenggarakan layanan pendidikan dan 
  • memperoleh gambaran tentang kinerja sekolah

Fungsi akreditasi sekolah adalah : 
  • untuk pengetahuan, yakni dalam rangka mengetahui bagaimana kelayakan & kinerja sekolah dilihat dari berbagai unsur yang terkait, mengacu kepada baku kualitas yang dikembangkan berdasarkan indikator-indikator amalan baik sekolah,
  • untuk akuntabilitas, yakni agar sekolah dapat mempertanggungjawabkan apakah layanan yang diberikan memenuhi harapan atau keinginan masyarakat, dan 
  • untuk kepentingan pengembangan, yakni agar sekolah dapat melakukan peningkatan kualitas atau pengembangan berdasarkan masukan dari hasil akreditasi

Menyadari Pentingnya Akreditasi Sekolah , SD Negeri Ketimangpun mempersiapkan Diri lebih awal agar tercapai semua yang di harapkan oleh bapak / ibu dewan guru serta seluruh warga SD Negeri Ketimang khususnya , serta Masyarakat pada umumnya.


Pada Tanggal 1 April 2013 Kemarin bertemat di ruang kelas VI SD Negeri Ketimang dengan dipandu oleh Bapak Kustoyo, S.Pd selaku pengawas SD Dikecamatan Wonoayu , Bapak Ibu Dewan Guru SD Negeri Ketimang mengadakan Rapat persiapan awal Akreditasi Sekolah . Persiapan ini dilakukan agar kami tau apa - apa saja yang harus di lakukan dan dipersiapkan untuk mendapatkan nilai "A" pada Akreditasi tahun ini .



Bapak Ibu Dewan Guru SD Negeri Ketimang Sangat Optimis bisa mendapatkan hasil yang terbaik ( Nilai Akrditasi A ) . "Masak Kalah dengan SDN Pilang II yang bisa mendapatkan nilai A di akreditasi tahun lalu". Ujar pak Kustoyo .

Menang butuh perjuangan Ektra Keras agar bisa mendapakan nilai A , kamipun menyadari hal itu . " Kita harus bisa , meskipun kita sedang terluka". Sindir pak Sugiono S.Pd selaku Kepala Sekolah. memang Akreditasi SD Negeri Ketimang tahun ini akan mengalami banyak kendala . salah satunya yaitu izin sakitnya 2 orang Guru dikarenakan sakit yang beliau derita . tapi inilah tantangan yang harus kita hadapi . 


dan Beginilah Suasana Rapat yang dipimpin oleh Bapak Kustoyo, S.Pd selaku Pengawas SD Di Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. dan tak lupa Bapak Sugiono, S.Pd Selaku Kepala Sekolah SDN Ketimang , Bapak Drs. Muhadjir selaku Guru PAI . Ibu Wuri Andri, S.S Selaku guru Kelas 1 ,  Ibu Ninik Darwati, S.Pd selaku guru kelas 6 , Ibu Purwati, S.Pd Selaku Guru kelas 5 , Ibu Khairul selaku guru kelas 3 , Ibu Sulastri, S.Pd.I selaku guru PAI , Serta Kak Miftachul Rokhman ( TS ) . 

Sedangkan Ibu Minarni, S.Pd Harus izin pulang lebih awal dikarenakan ada berita duka , Bapak Fandi Dwi P, S.Pd datang Telat dikarenakan harus  mengerjakan tugas dri sekolah , Untuk Ibu Supriyatin dan Pak Sujiono, S.Pd haus izin cuti karena penyakit yang sedang diderita.

Pak Kustoyo
Bapak Kustoyo, S.Pd memberikan Materi - Materi yang harus di persiapkan untuk Akreditasi Sekolah

Suasana Nampak Serius mendengarkan apa yang di sampai oleh Bapak Kustoyo

Guru SDN ketimang , sugiono , wuri andri , purwati , ninik darwati , sulastri , muhadjir






Semoga segala apa yang kita siapkan ini mendapatkan Ridho dari Allah SWT sehingga nantinya kita juga mendpatkan hasil yang kami inginkan , Nilai Akreditasi A+ tentunya. Amiin ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar